Khutbah Idul Adha 1445 H di Muhammadiyah Bagan Jawa, Kh. H. Muhaimin Sampaikan Kisah Pengorbanan Nabi Ibrahim A.S

Berita547 Dilihat

Rekayasanews.com |Bagansiapiapi – Pada hari raya Idul Adha yang dirayakan pada Senin (17/6/2024),10 Dzulhijjah 1445 H/2024, Kh. H. Muhaimin mendapat tugas sebagai khatib sholat Idul Adha dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dilapangan Sekolah Dasar Muhammadiyah Jalan Bintang Bagan Jawa Kecamatan Bangko.

Kh. H. Muhaimin melalui khutbahnya menyampaikan kisah Nabiyullah Ibrahim a.s bersama putranya Ismail a.s sebagai hikmah dan momentum Idul hari Raya Kurban.

Dihadapan seluruh jemaah yang mencapai 400 orang itu, Kh. H. Muhaimin mengulas balik kisah sejarah tersebut yang kemudian menjadi syariat dalam rangkaian ibadah Haji.
Bagaimana pengorbanan juga sesungguhnya diperlukan dalam melaksanakan ibadah.

“Ketika wukuf di Padang Arafah, Suatu tempat bagi seluruh jemaah Haji menyelenggarakan puncak Ibadah Haji,” ungkap Muhaimin dalam petikan khutbahnya.

Kilas perjalanan dua Rasul pilihan yang dikisahkan Kh. H. Muhaimin, memberi pengajaran bagi seluruh kaum muslimin agar selalu siap mengorbankan walau sesuatu yang dicintai sekalipun, Semata – mata untuk beribadah kepada Allah SWT.

Kisah tersebut juga memberi pengajaran untuk mengikis sifat kikir didalam diri, Memupuk rasa kebersamaan dalam berbagi, serta senantiasa menjunjung tinggi nilai keimanan. Demikian khutbah singkat Kh. H. Muhaimin.

Ketua Masjid Taqwa Muhammadiyah Bagan Jawa Jumadi didampingi Bhabinkamtibmas Kepenghuluan Bagan Jawa Kecamatan Bangko Bripka Ardi Anansah mengatakan, penyembelihan kurban tahun ini 4 sapi hewan kurban, tahun ini lebih banyak yang berpartisipasi berkat koordinasi yang baik dari panitia penyelenggara. Mudah – Mudahan tahun depan lebih meningkat lagi.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu atas terselenggaranya kegiatan penyembelihan hewan Qurban nanti, semoga sukses dan lancar, dan menjadi amal ibadah yang baik dihadapan Allah SWT, “Katanya ( Hermanto)